MATA PELAJARAN PEMINATAN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL DI SMK NEGERI 1 TAKARI

By ADMIN SEKOLAH 17 Sep 2024, 08:07:10 WIB Pendidikan
MATA PELAJARAN PEMINATAN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL DI SMK NEGERI 1 TAKARI

Gambar : Kegiatan Pembelajaran saat Mata pelajaran Pilihan


Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan minat belajar, potensi, dan keterampilan siswa. Adapun beberapa karakteristik dari kurikulum merdeka yaitu focus pada materi esensial sehingga peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakuler yang beragam sehingga konten lebih optimal, guru memiliki keleluasan untuk memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan belajar dan minat peserta didik, guru dapat melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik, guru dapat melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan local.

Kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat mereka.

SMK Negeri 1 Takari saat ini sudah menggunakan system Kurikulum Merdeka. Dimana anak-anak dibimbing untuk memilih mata pelajaran peminatan sesuai minat mereka dan peminatan dibimbing langsung oleh guru Bimbingan Konseling. Di SMK Negeri 1 Takari memiliki beberapa kelas peminatan yaitu : Kelas Teknik Pengelasan, Kelas Krya Kayu, Kelas Teknik Kendaraan Ringan Otomotif(TKRO), Kelas Krya Tekstil Dan Kelas Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB).

Asesmen awal  mengidentifikasi  minat dan bakat peserta didik  dengan memberikan layanan kepada peserta didik. Yang dilakukan oleh guru BK sehingga bisa dapat mengumpulkan data pendukung berupa minat dan bakat peserta didik sebagai penunjang  proses utama dalam pendampingan eksplorasi. Guru BK  melakukan pengumpulan data dari asesmen nontes  antara lain: wawancara dan angket.  Asesmen nontes dikembangkan oleh guru BK dalam aspek minat peserta didik, seperti minat terhadap mata pelajaran.

Data perkembangan belajar peserta didik juga digunakan untuk membantu peserta didik  dalam memahami kemampuan yang dimiliki, terutama dalam pertimbangan memilih mata pelajaran pilihan.

Dalam pemilihan mata pelajaran pilihan peserta didik  difasilitasi untuk merencanakan dan mengambil keputusan studi lanjut,serta karier lainnya setelah selesai dari SMK berdasarkan kondisi minat,bakat, dan kemampuan dirinya. Dalam kaitannya dengan pemilihan mata pelajaran pilihan  yang  berpusat dan berpihak pada peserta didik  maka kurikulum Merdeka memberikan ruang agar minat, bakat dan kemampuan peserta didik dapat dikembangkan  secara optimal sekaligus menjadi dasar dalam memberikan layanan pembelajaran intrakurikuler, Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment