MATA PELAJARAN PEMINATAN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL DI SMK NEGERI 1 TAKARI
Gambar : Kegiatan Pembelajaran saat Mata pelajaran Pilihan
Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan minat belajar, potensi, dan keterampilan siswa. Adapun beberapa karakteristik dari kurikulum merdeka yaitu focus pada materi esensial sehingga peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakuler yang beragam sehingga konten lebih optimal, guru memiliki keleluasan untuk memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan belajar dan minat peserta didik, guru dapat melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik, guru dapat melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan local.
Kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat mereka.
SMK Negeri 1 Takari saat ini sudah menggunakan system Kurikulum Merdeka. Dimana anak-anak dibimbing untuk memilih mata pelajaran peminatan sesuai minat mereka dan peminatan dibimbing langsung oleh guru Bimbingan Konseling. Di SMK Negeri 1 Takari memiliki beberapa kelas peminatan yaitu : Kelas Teknik Pengelasan, Kelas Krya Kayu, Kelas Teknik Kendaraan Ringan Otomotif(TKRO), Kelas Krya Tekstil Dan Kelas Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB).
Asesmen awal mengidentifikasi minat dan bakat peserta didik dengan memberikan layanan kepada peserta didik. Yang dilakukan oleh guru BK sehingga bisa dapat mengumpulkan data pendukung berupa minat dan bakat peserta didik sebagai penunjang proses utama dalam pendampingan eksplorasi. Guru BK melakukan pengumpulan data dari asesmen nontes antara lain: wawancara dan angket. Asesmen nontes dikembangkan oleh guru BK dalam aspek minat peserta didik, seperti minat terhadap mata pelajaran.
Data perkembangan belajar peserta didik juga digunakan untuk membantu peserta didik dalam memahami kemampuan yang dimiliki, terutama dalam pertimbangan memilih mata pelajaran pilihan.
Dalam pemilihan mata pelajaran pilihan peserta didik difasilitasi untuk merencanakan dan mengambil keputusan studi lanjut,serta karier lainnya setelah selesai dari SMK berdasarkan kondisi minat,bakat, dan kemampuan dirinya. Dalam kaitannya dengan pemilihan mata pelajaran pilihan yang berpusat dan berpihak pada peserta didik maka kurikulum Merdeka memberikan ruang agar minat, bakat dan kemampuan peserta didik dapat dikembangkan secara optimal sekaligus menjadi dasar dalam memberikan layanan pembelajaran intrakurikuler, Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler.